UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU ASSHODIQIYAH SEMARANG
ctrlnum |
17312 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unissula.ac.id/17312/</relation><title>UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU ASSHODIQIYAH SEMARANG</title><creator>WAFIROH, UMI LAILATUL</creator><subject>BL Religion</subject><description>Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mewujudkan akhlak
mulia siswa dan juga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena seorang
guru memiliki tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa ditingkatkan melalui peningkatan
motivasi belajar. Karena didalam proses belajar motivasi belajar memegang peranan
yang sangat penting. Motivasi merupakan suatu dorongan kegiatan belajar agar
tercapai tujuan yang diharapkan. 
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti
adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran
PAI siswa kelaas VIII di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelaas VIII di SMP
Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Sumber data sekaligus informasi adalah guru PAI dan pihak-pihak yang terkait bila
diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik dengan
observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data,
peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan
pembuatan RPP, pemberian feedback, penggunaan metode pembelajaran yang
bervariasi, antusias dalam belajar, pemberian hukuman, pemberian kompetisi. (2)
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik (3)
Motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah semarang sudah
bagus, terbukti dengan antusias siswa dan minat belajar yang dimiliki siswa sudah
tinggi . 

Kata Kunci : Guru PAI, Upaya Guru, Motivasi Belajar</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/1/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/2/abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/3/daftar%20isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/4/publikasi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/5/bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/6/bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/7/bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/8/bab%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/9/bab%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/10/daftar%20pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/17312/11/lampiran.pdf</identifier><identifier> WAFIROH, UMI LAILATUL (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU ASSHODIQIYAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung. </identifier><recordID>17312</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Thesis:Bachelors |
author |
WAFIROH, UMI LAILATUL |
title |
UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU ASSHODIQIYAH SEMARANG |
publishDate |
2019 |
topic |
BL Religion |
url |
http://repository.unissula.ac.id/17312/1/cover.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/2/abstrak.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/3/daftar%20isi.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/4/publikasi.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/5/bab%20I.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/6/bab%20II.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/7/bab%20III.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/8/bab%20IV.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/9/bab%20V.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/10/daftar%20pustaka.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/11/lampiran.pdf http://repository.unissula.ac.id/17312/ |
contents |
Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mewujudkan akhlak
mulia siswa dan juga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena seorang
guru memiliki tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam salah satunya bisa ditingkatkan melalui peningkatan
motivasi belajar. Karena didalam proses belajar motivasi belajar memegang peranan
yang sangat penting. Motivasi merupakan suatu dorongan kegiatan belajar agar
tercapai tujuan yang diharapkan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti
adalah upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran
PAI siswa kelaas VIII di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang. Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelaas VIII di SMP
Islam Terpadu Asshodiqiyah Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Sumber data sekaligus informasi adalah guru PAI dan pihak-pihak yang terkait bila
diperlukan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik dengan
observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data,
peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa sudah dilaksanakan dengan baik yaitu dengan
pembuatan RPP, pemberian feedback, penggunaan metode pembelajaran yang
bervariasi, antusias dalam belajar, pemberian hukuman, pemberian kompetisi. (2)
faktor-faktor yang mempengaruhi belajar ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik (3)
Motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Terpadu Asshodiqiyah semarang sudah
bagus, terbukti dengan antusias siswa dan minat belajar yang dimiliki siswa sudah
tinggi .
Kata Kunci : Guru PAI, Upaya Guru, Motivasi Belajar |
id |
IOS15607.17312 |
institution |
Universitas Islam Sultan Agung |
institution_id |
178 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung |
library_id |
514 |
collection |
PENGUKURAN TINGKAT ECO EFFISIENSI PADA IKM TAHU (Studi Kasus : IKM TAHU PAK TASMIN PATI) |
repository_id |
15607 |
city |
KOTA SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS15607 |
first_indexed |
2021-05-28T04:37:39Z |
last_indexed |
2021-05-28T04:37:39Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1700977738272210944 |
score |
17.538404 |