IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN DEMAK
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 dilakukan melalui pendekatan saintifik, yaitu pembelajaran yang mendorong siswa untuk lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pembelajaran saintifik pembelajaran yang membangun pengetahuan melalui metode ilmiah dengan cara mengadopsi langkah-langkah saintis. Dalam pelaksanaannya, pendekatan saintifik sangat sulit disandingkan dengan alokasi waktu pembelajaran yang begitu singkat dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sehingga perlu penelitian tentang implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, penelitian pada skripsi ini dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancaram, dan dokumentasi. Dari latar belakang di atas penulis merumuskan permasalahan yaitu, “Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Demak”. Penulis memilih MAN Demak sebagai tempat penelitian karena telah menerapkan Kurikulum 2013 yang di dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik. Untuk itu dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MAN Demak. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam.