Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh motivasi intrinsik dan learning orientation terhadap kinerja guru dengan pola kerja cerdas sebagai variabel intervening di SMP Islam Al Kautsar Semarang. Populasinya adalah keseluruhan guru SMP Islam Al Kautsar Semarang yaitu sebesar 103 orang. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner diperoleh jumlah sampel sebesar 94 responden. Alat analisisnya adalah path analisis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan learning orientation mampu memberikan dampak yang lebih efektif dalam meningkatkan pola kerja cerdas para guru. Motivasi intrinsik, learning orientation dan pola kerja cerdas mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja inovasi guru. Pola kerja cerdas mampu menjadi variabel intervening antara motivasi intrinsik terhadap kinerja inovasi guru. Pola kerja cerdas mampu menjadi variabel intervening antara learning orientation terhadap kinerja inovasi guru, artinya semakin para guru mampu menyesuaikan diri antara sistem dengan lingkungan kerjanya, maka akan meningkatkan perilaku para guru dalam mengembangkan pengetahuan secara cerdas sehingga akan berdampak pada pencapaian kinerja inovasi guru. Kata Kunci : Motivasi intrinsik, learning orientation, pola kerja cerdas dan kinerja inovasi guru.