Daftar Isi:
  • Perusahaan merupakan suatu mesin untuk memuaskan kebutuhan manusia atau masyarakat, dimana perusahaan memperoleh pendapatan dari masyarakat yang selanjutnya didistribusikan kepada pemilik perusahaan, pekerja, pemasok dan penyedia barang publik. Tujuan perusahaan juga menjadi ukuran bagi perusahaan dalam menentukan tingkat keberhasilan dari aktivitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran GCG, Leverage, Profitabiliatas dan size dalam peningkatan nilai perusahaan. Pada penelitian ini sektor manufaktur menjadi populasinya. Untuk penentuan sample peneliti menggunakan Purposive sampling. Jumlah sample sebanyak 59 organisasi. Uji signifikansi parameter individual dalam penelitian ini menggunakan Uji t yang menunjukan seberapa jauh pengaruh variabel independen secara individual menerangkan variasi variabel dependen. Berdasarkan hasil dari penelitian profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan gcg (komisaris independen), leverage dan size tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang diberikan variabel bebas dalam penelitian ini relatif kecil sebesar 3,77% . Kata kunci: Good Corprate Governance (GCG), leverage, profitabilitas, size, nilai perusahaan.