PENGEMBANGAN LAYANAN BARU SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus pada International Batik Center di Kabupaten Pekalongan)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, 2) pengaruh pengembangan layanan baru terhadap kinerja pemasaran, 3) Pengaruh orientasi pasar terhadap pengembangan layanan baru. Responden dalam penelitian ini adalah pedagang batik di International Batik Center (IBC) Pekalongan yang telah menjalankan industri lebih dari 3 tahun sejumlah 100 responden Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif karena menjelaskan hubungan antara variabel-variabel dengan menggunakan kuesioner sebagai alat dalam pengumpulan data untuk mengungkap data orientasi pasar, pengembangan layanan baru terhadap kinerja pemasaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa orientasi pasar, berpengaruh terhadap pengembangan layanan baru. Sedangkan variabel orientasi pasar dan pengembangan layanan baru berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Variabel pengembangan layanan baru tidak berhasil menjadi variabel intervening antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Kata kunci : Orientasi Pasar, Pengembangan Layanan Baru, Kinerja Pemasaran,