Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran dengan Specialized Marketing Capabilities sebagai Variabel Intervening. Responden dalam penelitian ini adalah produsen industri kecil manufaktur di Kabupaten Kendal. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan jumlah penyebaran kuesioner sesuai jumlah sampel akhir sebanyak 70 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Specialized Marketing Capabilities. Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahan dan Specialized Marketing Capabilities berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, Specialized Marketing Capabilities mampu memediasi hubungan Orientasi Pasar, dan Orientasi Kewirausahan terhadap Kinerja Pemasaran. Kata kunci : Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Specialized Marketing Capabilities, Kinerja Pemasaran