Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji model peningkatan kinerja mahasiswa berbasis motivasi intrinsik dengan dukungan sosial sebagai variabel moderasi. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena jumlah pengangguran di Indonesia yang masih banyak. Sehingga melalui motivasi intrinsik dalam diri mahasiswa memiliki kesadaran untuk menjalankan dua peran sekaligus sebagai mahasiswa yang menjalankan usaha. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa dempat universitas di Semarang yakni UNISSULA, UNDIP, UDINUS dan UNNES yang sedang menjalankan usaha dan berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampek dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi intrinsik berpengaruh signifikan terhadap kinerja akademik dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 ( lebih kecil dari 0,05 ). Sementara hubungan motivasi intrinsik dengan kinerja wirausaha juga berpengaruh signifikan dengan niali signifikasi sebesar 0,000 ( lebih kecil dari 0,05 ). Di lain sisi hubungan motivasi intrinsik terhadap kinerja akademik dimoderasi oleh dukungan sosial dari orangtua berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,008 ( lebih kecil dari 0,05 ). Sementara hubungan motivasi intrinsik dengan kinerja wirausaha yang dimoderasi oleh dukungan sosial dari teman berpengaruh signifikan dengan nilai signifikasi sebesar 0,003 ( lebih kecil dari 0,05 ). Kata Kunci : Motivasi intrinsik, Dukungan Sosial, Kinerja Akademik, Kinerja Wirausaha