STABILITAS LERENG PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO – NGAWI – KERTOSONO PAKET 1 STA. 91+850
Daftar Isi:
- Bagi pemerintah daerah kehadiran jalan tol Solo – Kertosono akan menjadi jalur alternatif bebas hambatan dan mengurangi waktu tempuh bagi pengguna kendaraan yang akan menuju Solo dari arah Kertosono maupun sebaliknya. Maka dari itu kenyamanan dan keamanan bagi pengguna perlu diperhatikan demi meminimalisisr terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pada Tugas Akhir ini motode-metode yang digunakan adalah perhitungan daya dukung tanah metode Terzaqi, angka keamanan manual dengan metode Bishop, angka keamanan dengan penggunaan aplikasi PLAXIS v8.2 serta GEOSTUDIO 2018. Dimana keruntuhan Mohr-Coulomb serta sifat plastis sebagai model tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan membandingkan dari perhitungan analisis tanah dengan data sekunder yang sudah ada. Didapatkan hasil daya dukung tanah 578,374 kN/m2 dan daya dukung tanah yang diijinkan 444,903 kN/m2, angka keamanan (SF) dari ketiga analisis tersebut menghasilkan angka diatas 1,5 atau hasil diatas angka keamanan dalam jangka panjang. Kata Kunci: Bishop, Daya Dukung Tanah, Geostudio, Plaxis