PENGARUH INOVASI DAN KREATIVITAS PROGRAM PEMASARAN PADA KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS JEJARING USAHA DAN KOMITMEN PERILAKU WIRAUSAHA MUDA DI KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak muda yang tergabung di Rumah Kreatif BUMN (RKB) milik BRI di Kota Semarang yang sudah diberi pelatihan kewirausahaan memutuskan untuk berhenti atau pindah profesi dikarenakan kurang optimalnya Kinerja Pemasaran. Dengan melihat permasalahan ini, maka penelitian diarahkan untuk menganalisis bagaimana meningkatkan Kinerja Pemasaran dari pemilik usaha, dengan didukung melalui Inovasi, Kreativitas Program Pemasaran, Kapabilitas Jejaring Usaha, dan Komitmen Perilaku pada wirausaha muda yang tergabung di RKB milik BRI di Kota Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus yaitu mengambil seluruh anggota Rumah Kreatif BUMN (RKB) milik BRI di Kota Semarang sebanyak 100 orang. Pertanyaan diberikan dengan menggunakan koesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup, jawaban responden terhadap pertanyaan – pertanyaan tertutup mengenai variabel yang diteliti dalam penelitian ini, kemudian dianalisis path analysis dan regresi berganda dengan menggunakan progam SPSS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara inovasi terhadap kinerja pemasarn, terdapat pengaruh positif dan signifikan inovasi terhadap kapabilitas jejaring usaha, terdapat pengaruh positif signifikan kreativitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran, terdapat pengaruh positif dan signifikan kreativitas program pemasaran terhadap kapabilitas jejaring usaha, terdapat pengaruh positif dan signifikan kapabilitas jejaring usaha terhadap komitmen perilaku, dan terdapat pengaruh positif signifikan komitmen perilaku terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : Inovasi, Kreativitas Program Pemasaran, Kapabilitas Jejaring Usaha, Komitmen Perilaku, Kinerja Pemasaran.