PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)
Daftar Isi:
- Tujuan utama didirikannya suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan kemakmuran bagi stakeholder, hal ini dapat dicapai dengan memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan (size) terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017 dengan jumlah 16 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis serta analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) leverage mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : nilai perusahaan, profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan (size)