Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi Syariah dengan Minat Belajar sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Unissula Semarang)” bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual terhadap pemahaman akuntansi syariah pada mahasiswa dengan memoderasi minat belajar. Penelitian ini bersifat primer kuantitatif dengan populasi pada 316 mahasiswa dengan 186 responden di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dengan metode convenience sampling. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan SPSS 23.0. Hasil uji kualitas data valid dan reliabel, hasil uji asumsi klasik normal terbebas dari multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Hasil uji koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 57.1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05; 2) minat belajar memoderasi kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yakni sebesar 0.032 ; 3) minat belajar tidak memoderasi kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar, Pemahaman Akuntansi Syariah