DETERMINAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)
Daftar Isi:
- Corporate social responsibility sangat penting kaitannya dengan perusahaan atau organisasi bisnis karena setiap perusahaan harus mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan ataupun masyarakat melalui berbagai kegiatan yang tujuannya untuk mengembangkan lingkungan serta memperbaiki kehidupan masyarakat hingga pada proses pembangunan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menguji pengaruh Profitabilitas, Ukuran periusahaan, Leverage dan Kepemilikan asing terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR). Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015-2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling selama tahun 2015-2017 diperoleh sampel sebanyak 210. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Sedangkan Kepemilikan asing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Kata-kata kunci: Profitabilitas, Ukuran perusahaan, Leverage, Kepemilikan asing, Corporate social responsibility (CSR).