SIKAP MEDIA DALAM PEMBERITAAN ”CALON PRESIDEN H JOKO WIDODO DAN H.M JUSUF KALLA” (ANALISIS FRAMING HARIAN KOMPAS DAN SUARA MERDEKA)

Main Author: FATKHURRAHMAN, M RIDHO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/1671/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1671/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1671/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1671/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1671/
Daftar Isi:
  • Media massa berpengaruh sangat besar bagi pemberitaan calon presiden dan wakil presiden H Joko Widodo dan H.M Jusuf Kalla. Komunikasi politik lebih efektif melalui sarana tidak langsung atau menggunakan media. Karena persepsi, interpretasi, maupun opini publik mudah dipengaruhi lewat iklan maupun berita dalam media. Oleh karena itu perlu untuk mengkaji bagaimana sikap media dalam mengkonstruksi pemberitaan mengenai calon presiden dan wakil presiden H Joko Widodo dan H.M Jusuf Kalla Media yang menjadi objek penelitian adalah Kompas dan Suara Merdeka dengan pertimbangan bahwa Kompas adalah koran nasional yang mempunyai ideologi sebagai sumber informasi tepercaya, akurat, dan mendalam.Kemudian Suara Merdeka sebagai koran regionalang mempunyai ideologi sebagai berita terkini dan terpercaya. Penelitian ini menggunakan teori agenda setting dan Framing model Pan and Kosicki mulai dari tanggal 2 Juni sampai 8 Juli 2014. Analisis terhadap dua media ter� �� �� •� �tuk mengetahui sikap media pada pemberitaan capres H Joko Widodo dan H.M Jusuf Kalla. Dari hasil analisis diketahui bahwa kedua media bersifat independen dalam menyajikan berita calon presiden dan wakil presiden H Joko Widodo dan H.M Jusuf Kalla