PENERAPAN LOGIKA FUZZY DALAM PENENTUAN RENCANA PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAMDANI CV. BATOK INDONESIA JEPARA
Daftar Isi:
- CV. Batok Indonesia Jepara merupakan produsen briket arang tempurung kelapa yang memproduksi briket arang dengan bentuk dan ukuran tertentu sesuai dengan permintaan konsumen. Permintaan konsumen yang berubah-ubah setiap hari bahkan setiap bulan, menjadi permasalahan yang serius bagi perusahaan. Perusahaan kadang tidak mampu memenuhi permintaan pasar, karena permintaan yang meningkat dan persediaan sedikit. Perusahaan juga dapat mengalami kerugian karena permintaan pasar yang menurun sehingga hasil produksi tidak dapat dipasarkan. Data yang digunakan adalah jumlah permintaan dan jumlah persediaan produk pada CV. Batok Indonesia Jepara, sejak bulan Januari 2018 sampai bulan Desember 2018. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan metode fuzzy Mamdani untuk menentukan jumlah produksi. Perancangan sistem untuk mendapatkan output dilakukan dalam tahaptahap (a) pembentukan himpunan fuzzy, (b) aplikasi fungsi implikasi, (c) membentuk aturan-aturan, (d) penegasan (defuzzifikasi). Pada peneltian ini defuzzifikasi dilakukan dengan menggunakan metode centroid. Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan, dengan menggunakan variabel input pada bulan Januari 2018, yaitu jumlah permintaan sebesar 19.319 kg dan jumlah persediaan sebesar 2.706 kg menghasilkan output jumlah produksi sebesar 21.005,98 kg sehingga hasil tersebut merupakan nilai yang paling tepat yang harus diproduksi perusahaan pada bulan Januari 2018. Kata Kunci : Logika Fuzzy, Mamdani, Metode Centroid