STRATEGI C-RADIO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI RADIO ANAK MUDA DI KOTA SEMARANG MELALUI STRATEGI PROGRAM, PROMOSI DAN C-RADIO GOES TO CAMPUS
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi C-Radio dapat bertahan dalam menghadapi perusahaan radio-radio yang besar di kota Semarang. Peneliti mengaitkan penelitian ini dengan strategi program, strategi pemasaran, C-Radio goes to campus dan teori pemasaran dari Assauri karena untuk bertahan dalam sebuah pasar pasti membutuhkan strategi yang baik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempertahankan C-Radio dalam menghadapi radio-radio millenials lainnya di kota Semarang, tim produksi dan marketing pun melakukan strategi, seperti 1) Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar 2) Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar 3) strategi pemasaran terkonsentrasi 4) melakukan promosi program untuk menarik penonton dan para calon pengiklan melalui media sosial instagram dan memasang iklan di media sendiri. Peneliti menyimpulkan bahwa untuk mempertahankan C-Radio di kota Semarang dengan genre millenials yang terpenting adalah konten pembahasan yang menarik dan cemerlang dari tim produksi dan penyiar yang menarik dalam menyampaikan konten dengan konteks pembahasan yang baik. Keterbatasan penelitian adalah sumber informasi yang hanya sedikit dan terbatas dari tim produksi beserta tim marketing, sehingga diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat menggali sumber informasi dari sumber yang lainnya. Kata Kunci : Strategi Program, Strategi Pemasaran, Mempertahankan