Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikas Wakie efektif atau tudak untuk meningkatkan kemampuan menulis (deskriptif teks) siswa kelas X SMAN 1 Dempet , Demak tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian in adalah kelas X SMAN 1 Dempet, Demak. Dengan sample kelas X MIPA 1 sebagai kelas control dan kelas X MIPA2 sebagai kelas percobaan. Dalam mengumpulkan data, peneliti melalui beberapa kegiatan yaitu pre-test, dan post-test. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dikelas control adalah 55.87 dan di kelas percobaan 64.74. setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test di kelas control adalah 58.87 dan dikelas percobaan adalah 70.32. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas control dan percobaan bahwa sig. (2-tailed) 0.000. dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan aplikasi Wakie efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di dalam teks jenis descriptive. Kata Kunci : Wakie Application, Writing Skill, Descriptive Text