SELF-DIRECTED DIALOGUE TECHNIQUE IN IMPROVING STUDENT’S CONVERSATIONAL SPEAKING SKILL (Quasi Experimental Research to the Tenth Graders of MAN Pemalang in the Academic Year of 2019/2020)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Self-Directed Dialogue Technique efektif atau tidak untuk meningkat kemampuan berbicara (speaking) siswa kelas X MAN Pemalang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Pemalang yang bertempat di Jalan Tentara Pelajar, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Tipe dari penelitian in adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MAN Pemalang dengan sample kelas X Science 5 sebagai kelas control dan kelas X Science 4 sebagai kelas percobaan. Data dikumpulkan melalui beberapa kegiatan. Yaitu pre-test, dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dikelas control adalah 57.10 dan dikelas percobaan adalah 60.00. Setelah diberikan perlakuan selama empat pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas control adalah 68.39 dan dikelas percobaan adalah 74.33. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test hasil perbandingan post-test antar kelas control dan percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.000. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan teknik Self-Directed Dialogue efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Kata Kunci : Self-Directed Dialogue, Speaking Skill, Conversation