AN INVESTIGATION OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ PRONUNCIATION IN ENGLISH DENTAL FRICATIVE CONSONANTS SOUNDS (A Descriptive Study of the Eighth Grade Students at SMP N 1 Tegowanu in the Academic Year of 2019/2020)
Daftar Isi:
- Pelafalan sebagai bagian dari keterampilan berbicara sangatlah penting. Ini dapat membuat pembicara percaya diri dalam menyampaikan pikirannya. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki cara siswa-siswa SMPN 1 Tegowanu dalam melafalkan English dental fricative consonant sounds dan untuk mengetahui apa yang menyebabkan eror dalam melaflkan suara tersebut. Dalam penelitian qualitative ini, peneliti menggunakan rekaman suara sebagai data utama. Delapan belas kata dan sepuluh kalimat yang terdiri dari awalan, tengahan, dan akhiran suara /θ/ and /ð/ dibaca dengan keras oleh delapan belas siswa SMP N 1 Tegowanu-Grobogan, dan penulis merekam suara mereka dengan telepon genggam. Transkrip pelafalan siswa dikonfirmasi oleh seorang inter-rater. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa-siswa cenderung melafalkan suara /θ/ and /ð/ dengan / ð/, / θ/, /t/, /d/, /l/, /n/, / dʒ/, /s/, /i/ and tak berbunyi. Dan ketiadaan suara /θ/ and /ð/ di bahasa pertama siswa menyebabkan error dalam pelafalan. Keywords : Siswa Sekolah Menengah Pertama, Pelafalan Bahasa Inggris, English Dental Fricative Consonant