Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMA N 1 Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 1 Jepara yang jumlah 287 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala pola asuh permisif dan skala motivasi belajar. Skala pola asuh permisif terdiri dari 20 aitem berdaya beda tinggi dengan koefisian reliabilitas 0.776. Skala motivasi belajar berjumlah 23 aitem berdaya beda tinggi dengan koefisien reliabilitas 0.833. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis product moment dari Pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan dengan nilai korelasi rxy sebesar 0.539 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0.01). Kesimpulan hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Kata kunci : pola asuh permisif, motivasi belajar