HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN ASERTIVITAS DENGAN PENGALAMAN KEKERASAN DALAM PACARAN PADA REMAJA PUTRI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan asertivitas dengan pengalaman kekerasan dalam pacaran pada remaja putri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 114 siswi SMA. Subjek penelitian adalah remaja putri yang pernah dan sedang berpacaran dengan lama waktu berpacaran minimal 3 bulan. Remaja yang menjadi subjek penelitian berusia 15-18 tahun dan berjenis kelamin perempuan serta menduduki kelas XI-XII di SMA Semarang. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Ada 3 skala yang digunakan untuk alat ukur penelitain ini. Skala pengalaman kekerasan dalam pacaran menggunakan Conflict in Adolescent Dating Relationships Inventory (CADRI) yang dikembangkan oleh Wolfe, dkk., dan telah digunakan oleh Trifiani dengan reliabilitas 0,816. Skala harga diri yang berjumlah 41 aitem yang berdaya beda tinggi dengan reliabilitas 0,886. Skala asertivitas yang berjumlah 54 aitem yang berdaya beda tinggi dengan reliabilitas 0,894. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara harga diri dan asertivitas pada pengalaman kekerasan dalam pacaran pada remaja putri dengan R= 0,229 dan F= 3.064 dengan signifikansi 0,048 (p < 0,05). Hasil uji korelasi antara variabel harga diri dengan variabel pengalaman kekerasan dalam pacaran diperoleh rxıy= -0,207 dengan signifikan 0,037 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara harga diri dengan pengalaman kekerasan dalam pacaran pada remaja putri. Hasil uji korelasi antara variabel asertivitas dengan variabel pengalaman kekerasan dalam pacaran diperoleh rx2y= -0,050 dengan signifikasi 0,065 (p>0,05), yang menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara asertivitas dengan pengalaman kekerasan dalam pacaran pada remaja putri Kata kunci: Pengalaman kekerasan dalam pacaran, Harga Diri dan, Asertivitas