HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Variabel tergantung dalam penelitian adalah prokrastinasi akademik dan variabel bebas penelitian adalah regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan skala prokrastinasi akademik yang berjumlah 28 aitem dengan internal consistency 0,903 dan memiliki rentang daya beda 0,309-0,643. Skala regulasi diri dalam belajar berjumlah 32 aitem dengan internal consistency 0,902 dan memiliki rentang daya beda 0,312-0,599. Skala dukungan sosial teman berjumlah 40 aitem dengan internal consistency 0,964 dan memiliki rentang daya beda 0,328-0,811. Analisa dilakukan kepada 126 mahasiswa kedokteran umum UNISSULA. Analisa data menggunakan teknik korelasi regresi ganda dan analisis korelasi parsial. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada hubungan antara regulasi diri dalam belajar dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik dengan R=0,739 dan F = 74,215, taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Hasil hipotesis kedua menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi akademik dengan hasil rx1y= -0,690, taraf siginifikan 0,000 (p<0,01). Hasi hipotesis ketiga menunjukkan tidak ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial teman dengan prokrastinasi akademik dengan hasil rx2y = -0,002 dengan taraf signifikan 0,984 (p>0,05), sehingga hipotesis ketiga ditolak. Kata kunci : Prokrastinasi akademik, Regulasi diri dalam belajar, Dukungan sosial teman.