HUBUNGAN ANTARA EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMK N 10 SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan antara empati terhadap perilaku prososial pada siswa SMKN 10 Semarang. Variabel tergantung penelitian ini adalah perilaku prososial dan variabel bebas penelitian ini adalah empati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian iniadalah siswa kelas x di SMKN 10 Semarang dengan jumlah 131 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku prososial dan skala empati. Skala perilaku prososial berjumlah 50 aitem berdaya beda tinggi dengan rentang daya beda 0,304 - 0,627 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,928. Skala empati berjumlah 15 aitem berdaya beda tinggi dengan rentang daya beda 0,303 – 0,600 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,870. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Momen dari Person. Hasil hipotesis menunjukan ada hubungan positif antara empati terhadap perilaku prososial pada siswa SMKN 10 Semarang dengan nilai korelasi rxy sebesar 0,605 dengan signifikasi 0,000 (p<0,001). Hal ini berarti semakin tinggi empati maka akan semakin tinggi pula perilaku prososial siswanya. Empati memberikan sumbangan efektif sebesar 33% terhadap perilaku prososial siswa SMKN 10 Semarang. Kata kunci: Perilaku Prososial, Empati, Siswa SMK