ctrlnum 15577
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unissula.ac.id/15577/</relation><title>PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI (PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pusat di Jakarta Barat)</title><creator>Kusuma, Karina Widi</creator><subject>K Law (General)</subject><description>Perkembangan dalam dunia perdagangan, pengangkutan memiliki peranan penting dan sangat dibutuhkan dalam mendukung berjalannya kegiatan distribusi. Kebutuhan masyarakat mengenai pengangkutan merupakan faktor utama berdirinya perusahaan penyedia jasa dalam bidang ekspedisi atau pengiriman barang di dalam negeri maupun ke luar negeri. Salah satu perusahaan ekspedisi yang kerap sekali digunakan adalah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Dalam kegiatan proses pengiriman sering terjadi kendala perihal keterlambatan, kerusakan dan kehilangan barang menyebabkan kerugian bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penyebab munculnya masalah dalam perlindungan konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), serta untuk mengetahui upaya hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi dalam sengketa konsumen pada PT. Tiki Nugraha Ekakurir (JNE). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis empiris, spesifikasi penelitian ini bersifat deskiptif. Sumber data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini ialah data primer dan sekunder, terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier, serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi PT. Tiki JNE telah diatur peraturan perundang-undangan khususnya Pasal 4 UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan kosumen, bagi kosumen yang dirugikan perihal keterlambatan, kerusakan maupun kehilangan barang akibat kelalaian pihak PT. Tiki JNE, konsumen berhak meminta pertanggungjawaban dengan mengajukan klaim ganti rugi, PT. Tiki JNE memberikan ganti rugi berdasarkan Syarat Standar Pengiriman (SSP), dalam pelaksanaan pertanggungjawaban terhadap keterlambatan barang sampai ke tempat tujuan, PT. Tiki JNE lebih melindungi pengguna jasa dengan layanan YES (Yakin Esok Sampai), SS (Super Speed), serta Diplomat selain layanantersebut tidak mendapatkan ganti rugi. Faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa konsumen pada PT. Tiki JNE disebabkan oleh kesalahan pihak perusahaan (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar pihak perusahaan (faktor eksternal), namun penyebab sengketa konsumen lebih didominasi oleh kelalaian pihak PT. Tiki JNE. Upaya hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi dalam sengketa konsumen pada PT. Tiki JNE adalah dengan menggunakan penyelesaian sengketa di pengadilandan penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Dalam pelaksanaannya, sengketa konsumen yang terjadi diselesaikan dengan menggunakan penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui musyawarah.&#xD; &#xD; Kata Kunci: Perlindungan kosumen, jasa ekspedisi</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/3/Publikasi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/4/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/5/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/6/Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/7/Bab%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/8/Bab%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/9/Bab%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/15577/10/Bab%20IV.pdf</identifier><identifier> Kusuma, Karina Widi (2019) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI (PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pusat di Jakarta Barat). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung. </identifier><recordID>15577</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author Kusuma, Karina Widi
title PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA EKSPEDISI (PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Pusat di Jakarta Barat)
publishDate 2019
topic K Law (General)
url http://repository.unissula.ac.id/15577/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/3/Publikasi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/4/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/5/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/6/Lampiran.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/7/Bab%20I.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/8/Bab%20II.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/9/Bab%20III.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/10/Bab%20IV.pdf
http://repository.unissula.ac.id/15577/
contents Perkembangan dalam dunia perdagangan, pengangkutan memiliki peranan penting dan sangat dibutuhkan dalam mendukung berjalannya kegiatan distribusi. Kebutuhan masyarakat mengenai pengangkutan merupakan faktor utama berdirinya perusahaan penyedia jasa dalam bidang ekspedisi atau pengiriman barang di dalam negeri maupun ke luar negeri. Salah satu perusahaan ekspedisi yang kerap sekali digunakan adalah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Dalam kegiatan proses pengiriman sering terjadi kendala perihal keterlambatan, kerusakan dan kehilangan barang menyebabkan kerugian bagi konsumen. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penyebab munculnya masalah dalam perlindungan konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), serta untuk mengetahui upaya hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi dalam sengketa konsumen pada PT. Tiki Nugraha Ekakurir (JNE). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis empiris, spesifikasi penelitian ini bersifat deskiptif. Sumber data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini ialah data primer dan sekunder, terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier, serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi PT. Tiki JNE telah diatur peraturan perundang-undangan khususnya Pasal 4 UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan kosumen, bagi kosumen yang dirugikan perihal keterlambatan, kerusakan maupun kehilangan barang akibat kelalaian pihak PT. Tiki JNE, konsumen berhak meminta pertanggungjawaban dengan mengajukan klaim ganti rugi, PT. Tiki JNE memberikan ganti rugi berdasarkan Syarat Standar Pengiriman (SSP), dalam pelaksanaan pertanggungjawaban terhadap keterlambatan barang sampai ke tempat tujuan, PT. Tiki JNE lebih melindungi pengguna jasa dengan layanan YES (Yakin Esok Sampai), SS (Super Speed), serta Diplomat selain layanantersebut tidak mendapatkan ganti rugi. Faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa konsumen pada PT. Tiki JNE disebabkan oleh kesalahan pihak perusahaan (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar pihak perusahaan (faktor eksternal), namun penyebab sengketa konsumen lebih didominasi oleh kelalaian pihak PT. Tiki JNE. Upaya hukum konsumen pengguna jasa ekspedisi dalam sengketa konsumen pada PT. Tiki JNE adalah dengan menggunakan penyelesaian sengketa di pengadilandan penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Dalam pelaksanaannya, sengketa konsumen yang terjadi diselesaikan dengan menggunakan penyelesaian sengketa di luar pengadilan melalui musyawarah. Kata Kunci: Perlindungan kosumen, jasa ekspedisi
id IOS15607.15577
institution Universitas Islam Sultan Agung
institution_id 178
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung
library_id 514
collection PENGUKURAN TINGKAT ECO EFFISIENSI PADA IKM TAHU (Studi Kasus : IKM TAHU PAK TASMIN PATI)
repository_id 15607
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS15607
first_indexed 2021-05-28T04:36:29Z
last_indexed 2021-05-28T04:36:29Z
recordtype dc
_version_ 1700977764560011264
score 17.538404