MODEL PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MARKETER (SALESMAN DISTRIBUTOR)
Daftar Isi:
- Dengan adanya globalisasi menuntut perusahaan untuk berlomba – lomba memperluas lingkungan bisnisnya, bersaing menciptakan produk yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat. Pada perusahaan yang bergerak dibidang pemasaran perlu adanya Kinerja Sumber Daya Marketer yang handal untuk mencapai visi dan misinya. Selalu mendukung, mengupayakan agar perusahaannya tetap maju dan berkembang menggapai tujuan dan sasarannya. Namun, semakin tingginya target dalam memperluas bisnisnya membuat kinerja sumber daya marketer menjadi jenuh dan bosan, sehingga mengakibatkan sumber daya marketer yang keluar - masuk perusahaan yang mengakibatkan kinerja perusahaan menjadi terganggu Hal ini dipengaruhi karena rendahnya profesionalisme dan komitmen organisasi dari diri salesman tersebut. Penelitian ini terjadi pada Salesman Distributor PT Pertamina Lubricants Reg IV Jateng –DIY. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh salesman distributor PT Pertamina Lubricants region IV area Jawa Tengah dan Yogjakarta. Data rasio penelitian didapat dari penyebaran kuesioner dengan metode sensus. Analisis yang digunakan dalam uji hipotesis ini adalah analisis kuantitatif dengan metode statistic dengan menggunakan path analysis. Hasil dari penelitian ini adalah variabel turnover intent tidak bermanfaat bagi penelitian ini, karena banyak faktor yang mempengaruhi keinginan salesman untuk pindah. Kata kunci : Kinerja Sumber Daya Marketer, Turnover intent, Profesionalisme Marketer dan Komitmen Organisasi