Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antar variabel kinerja pemasran, kemampuan penginderaan pasar, hubungan manajemen pelanggan dan strategi e-marketing dalam satu set analisis. Model baru pada penelitian ini menguji pengaruh kemampuan penginderaan pasar dan hubungan manajemen pelanggan secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh tidak langsung akan diuji melalui strategi e-marketing. Pengujian strategi e-marketing akan diuji secara langsung terhadap kinerja pemasaran. Data yang digunakan dalam penelitian berdasarkan hasil kuesioner yang didapat dari pemilik UKM busana muslim di Jawa Tengah sebanyak 192 responden. Teknik analisis data menggunakan alat SPSS dan menunjukan bahwa kinerja pemasaran UMKM dapat ditingkatkan dengan kemampuan penginderaan pasar, hubungan manajemen pelanggan dan startegi e-marketing. Kemampuan pemginderaan pasar, hubungan manajemen pelanggan dan startegi e-marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci ; Kemampuan Penginderaan Pasar, Hubungan Manajemen Pelanggan, Strategi E-Marketing, Kinerja Pemasaran