Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan model peningkatan kinerja dosen melalui pemberian reward dan punishment dengan disiplin kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengambil data pada dosen di sebelas fakultas di Universitas Islam Sultan Agung Semarang sebanyak 84 dan kembali 68. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling, metode analisis data yang digunakan adalah path analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif signfikan pada variabel reward terhadap disiplin kerja, variabel punishment berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin kerja, variabel reward berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dosen, variabel punishment berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dosen, dan variabel disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja dosen. Serta variabel disiplin kerja tidak terbukti sebagai varibel intervening yang memediasi reward dan punishment terhadap kinerja dosen. Kata Kunci: Reward, Punishment, Disiplin Kerja, Kinerja Dosen.