Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman pelanggan terhadap Omnichannel Retail (OCR) serta faktor apa saja yang menentukan keberhasilan Omnichannel Retail di PT. Astra Honda Motor Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara purposive random sampling. Narasumber dari penelitian berjumlah 25 narasumber berdasarkan jenis kelamin dan tingkat pendidikan diambil dari pelanggan PT. Astra Motor Semarang periode Trimester pertama tahun 2019. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Hasil penelitian menyatakan OCR adalah penawaran perusahaan kepada pelanggan melalui beberapa saluran yaitu Website, Sosial Media, Aplikasi Mobile, dan pembelian langsung ke toko offline untuk memberi pengalaman belanja pelanggan. Tiga faktor yang menentukan keberhasilan OCR yaitu proses cepat dan efisien waktu, sosial media dan respon marketing yang cepat. Kinerja suatu perusahaan dapat lebih ditingkatkan dengan adanya variabel kepercayaan (Trust) pelanggan yang memoderasi keberhasilan OCR terhadap kinerja perusahaan. KEYWORDS : Omnichannel Retail, OCR, Omnichannel retailing, Omni-channel.