PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas dan Corporate Social Responsibility. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia dari tahun 2015 – 2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan terpilih 52 perusahaan dengan total sampel 156 data penelitian. Analisis data penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas, pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap corporate social responsibility, ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap corporate social responsibility, profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap corporate social responsibility. Kemudian ada indikasi pengaruh tidak langsung antara ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility melalui profitabilitas Kata Kunci : Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas,Corporate Social Responsibility.