ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2014-2016)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan perusahaan yang diperoleh melalui situs web Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel 47. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan t statistik untuk menguji koefisien regresi parsial dan statistik f untuk menguji pengaruh secara simultan pada level 5% signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas nilai perusahaan. profitabilitas dan tanggung jawab sosial perusahaan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: tanggung jawab sosial perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.