Daftar Isi:
  • Pelanggan merupakan sebuah aset yang berharga bagi Toko Berkahh RSV yang berada di Jl. Raya Tunggu No.9 Semarang. pelanggan berperan penting atas suksesnya bisnis di Toko Berkah RSV. Untuk itu kepuasan pelanggan dan penjualan produk adalah hal yang penting bagi perusahaan untuk strategi bisnis ke depan. Market Basket Analysis adalah salah satu metode yang bermanfaat dan bias digunakan untuk keperluan strategi pemasaran, desain katalog serta proses pembuat keputusan bisnis pada lingkungan marketing. Market Basket Analysis juga dapat di gunakan untuk menganalisa kebiasaan pelanggan berdasarkan kebiasan transaksi mereka. Untuk menganasi kebiasaan pelanggan dapat digunakan algoritma apriori . Algoritma Apriori digunakan untuk mengetahui pola transaksi dari penjualan kepada konsumen. Dalam algoritma apriori terdapat 3 tahapan yaitu pembentukan kandidat, penghitungan kadidat support dari setiap kandidat dan Menetapkan pola frekuensi..dalam pembetukan kadidat ditentukan min support yang akan di pakai untuk kadidat yang berikutnya. Dalam penelitian ini min support dan min conffiden yang di pakai adalah 0,1 dan 0,6 yang akan di jadikan rule. Rule tersebut dapat dijadikan rekomendasi pelanggan ketika membeli produk tertentu, missal jika pelanggan membeli produk A maka dapat di rekomendasiakn untuk membeli produk B, C dan D. Keyword : Toko Berkahh RSV, Market Basket Analysis, Algoritma Apriori