Daftar Isi:
  • Media sosial merupakan salah satu platform kunci untuk berbagi informasi dan opini banyak orang mengungkapkan berbagai ide sudut pandang dan pendapat tentang berbagai topik yang menjadi minat. Teks media sosial memiliki informasi yang kaya akan perusahaan, produk, dan layanan yang ditawarkan. Di media sosial pun masing-masing orang memiliki hak untuk bebas berkomentar, teradang beberapa komentar yang ditulis di media sosial tidak atau kurang disaring baik itu dari sisi aplikasi maupun penulis komentar dan kadang dapat terindikasi sebagai berita palsu atau ujaran kebencian (hate speech). Maka dari itu saya menggunakan metode Naïve Bayes karena merupakan salah satu algoritma yang terdapat pada teknik klasifikasi. Dengan algoritma Naïve Bayes maka dapat dilakukan klasifikasi apakah sebuah komentar condong kepada positif atau negatif. Maka dari itu dapat dibuat klasifikasi teks untuk komentar negatif dan positif menggunakan metode Naïve Bayes. Kata Kunci : Media sosial, klasifikasi teks untuk komentar negatif dan positif, Metode Naïve Bayes