MEDIASI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HUBUNGAN ANTARA KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KINERJA LINGKUNGAN, DAN REAKSI PASAR (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016)
Daftar Isi:
- Reaksi pasar adalah informasi yang diperoleh untuk mengetahui indikator harga saham dan volume perdagangan. Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa reaksi pasar dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk proporsi kepemilikan manajerial, kinerja lingkungan, dan pengungkapan CSR. Sayangnya, penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model-model baru yang independen dan dependen menjadi satu set model, yang menguji efek langsung dan tidak langsung dari variabel kepemilikan manajerial dan kinerja lingkungan terhadap reaksi pasar. Sementara itu, efek tidak langsung dari kepemilikan manajerial dan kinerja lingkungan terhadap reaksi pasar diuji melalui pengungkapan CSR. Data dalam penelitian ini diambil dari perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2016. Populasi dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh dari berbagai sampel dari perusahaan LQ45 yang sesuai kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) degan software SmartPLS 3.0. Variabel penelitian ini meliputi; kepemilikan manajerial dan kinerja lingkungan sebagai variabel independen, pengungkapan CSR sebagai variabel intervening, dan reaksi pasar sebagai variabel dependen. Kata kunci: Kepemilikan manajerial, Kinerja lingkungan, Dsiclosure CSR, Reaksi pasar