PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Corporate Social Responsibilty (CSR), Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Perusahaan sebagai variabel intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016. Data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian mencakup 37 perusahaan manufaktur dalam rentang waktu 2014-2016. Penentuan sampel tersebut dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur menggunakan IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan kinerja perusahaan, kepemilikan institusional dan kinerja perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan sedangkan Corporate Social Responsibility (CSR), kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan kinerja perusahaan sebagai variabel intervening. Kata-kata Kunci: Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kinerja Perusahaan.