HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IX DI MTs SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Latitude News melakukan surve terhadap 40 negara didunia mengenai bullying pada remaja menghasilkan bahwa Indonesia masuk urutan kedua dengan kasus bullying tertinggi.Timbulnya perilaku bullying pada remaja bisa terjadi karena berbagai faktor, faktor pola asuh keluarga merupakan salah satu aspek penting yang terkait dengan pola perilaku bullying remaja. Dari beberapa kajian mengenai perilaku bullying remaja tumbuh dan dibesarkan pada keluarga yang memiliki pola asuh yang tidak benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa kelas IX di MTs Taqwal IllahSemarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah responden 91 siswa dengan tehnik Total Sampling. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 39 dari 51 siswa (42,9%) menerapkan pola asuh islami. Sebanyak 59 dari 32 siswa (64,8%) berperilaku bullying verbal. Simpulan dan Saran : Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada siswa kelas IX (P value <0,000) menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua untuk dapat lebih memperhatian dalam pengawasan anak, menjadi tempat berbagi bagi anak, sehingga dapat berbagi masalah yang sedang dihadapi, dan menciptakan suasana rumah selalu harmonis. Kata Kunci : Pola asuh orang tua, perilaku bullying, remaja