Daftar Isi:
  • Pentingnya sarana transportasi untuk menghubungkan tempat kediaman asal menuju tempat tujuan baik dengan ataupun tanpa sarana. Mobilitas lancar hanya akan terwujud bila terjadi keseimbangan antara penyediaan ruang dan moda sesuai dengan permintaan. Untuk itu dari segi sarana dan prasarana jalan, diperlukan perencanaan sistem transportasi, perencanaan tata guna lahan yang baik, perbaikan moda transportasi, peningkatan sumber daya manusia juga ketaatan terhadap sistem pengaturan lalu lintas yang ada dapat berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan lalu lintas, kapan akan terjadi kemacetan total, dan mengetahui kinerja lalu lintas kendaraan yang meliputi kecepatan rata-rata, tingkat kepadatan maupun besar kapasitas jalan. Penelitian ini menggunakan metode survei pengumpulan dan pengolahan data. Untuk memperoleh data geometrik jalan dilakukan dengan pengamatan dan pengukuran secara langsung. Data volume lalu lintas jumlah kendaraan diamati menggunakan kamera video. Data diambil pada hari Sabtu, minggu dan senin pada puncak pagi, siang maupun sore kemudian didapatkan total jumlah kendaraan dan tiap jenis kendaraan LV, MHV, LT, LB maupun MC. Analisis kinerja ruas jalan luar kota yang dilakukan dengan berbagai indikator kinerja yaitu kecepatan arus bebas (Free Flow Speed/FV), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), kecepatan tempuh dan waktu tempuh rata – rata (Traveling Time/TT), serta menganalisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis segmen jalan tersebut pada bulan November tahun 2018 memiliki kecepatan arus bebas (FV) = 50,232 km/jam, kapasitas (C) = 2821 SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) = 0,79 yang melebihi nilai yang disyaratkan dalam PKJI 2014 yaitu 0,80 untuk jalan luar perkotaan, kecepatan tempuh (LV) = 32 km/jam, waktu tempuh rata – rata (TT) = 22,50 detik serta tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) dikategorikan tingkat C. Berdasarkan hasil perhitungan yang terjadi pada tahun ini, perlu mencari solusi/alternatif – alternatif untuk menurunkan nilai DS dengan cara meningkatkan nilai kapasitas jalan. Kata kunci: Jalan Trengguli-Welahan, Kinerja Ruas Jalan, Level of Service. 1) Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil UNISSULA 2) Dosen Pembimbing Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil UNISSULA