Daftar Isi:
  • Latar Belakang: Rumah sakit dengan label syariah memiliki tanggung jawab yang lebih dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Tantangan ini mengharuskan para pelaku pelayanan kesehatan untuk berkompetisi dengan meningkatkan kualitas pelayanan agar loyalitas pasien terbentuk. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara pelayanan keperawatan berbasis syariah dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 105 dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Spearmen. Hasil: Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji normalitas yaitu data berdistribusi tidak normal (0,000) sehingga menggunakan uji spearmen dengan p-value (0,002), dan untuk analisa sebagian besar responden memiliki karakteristik umur 36-45 (24,8%), Pendidikan terakhir mayoritas SD 69 orang (65,7%), lama rawat 4 hari sejumlah 35 orang (33,3%), hasil penelitian menunjukkan pelayanan keperawatan berbasis syariah dengan kategori sedang terdapat 2,9% responden yang menyatakan loyal, 22,9% responden menyatakan sangat loyal. Pada pelayanan keperawatan berbasis syariah dengan kategori baik terdapat 4,8% responden menyatakan loyal, dan 69,5% responden yang menyatakan sangat loyal. Simpulan: Ada hubungan antara pelayanan keperawatan berbasis syariah dengan loyalitas pasien di RSISA Semarang (p-value 0,002). Kata kunci: Pelayanan keperawatan berbasis syariah, Loyalitas pasien