IMPLEMENTASI METODE JIGSAW LEARNING dalam PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) di SMK PGRI 01 SEMARANG
Daftar Isi:
- Pembelajaran pada dasarnya merupakan kegiatan terencana yang mengondisikan/membangkitkan peserta didik dalam pembelajaran agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Di masa modern saat ini perkembangan ilmu dan teknologi yang begitu pesat, masalah-masalah masih banyak yang menghambat didalam dunia pendidikan, salah satu diantaranya yaitu masalah tentang metode. Berdasarkan persoalan yang terjadi sekolah harus mampu mengaplikasikan metode mengajar secara tepat untuk meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik maupun didalam sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode jigsaw learning merupakan metode pembelajaran untuk memperoleh partisipasi seluruh kelas dan pertanggungjawaban setiap individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam melalui metode jigsaw learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dengan menggunakan teknik observasi partisipasi pasif dan menggunakan mini tour observation, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode jigsaw learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan suasana belajar di dalam kelas aktif, efektif, dan efesien. Dengan menggunakan metode tersebut telah membantu proses berjalannya pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata kunci : Metode Jigsaw Learning, Pendidikan Agama Islam