Daftar Isi:
  • Metode active learning memberdayakan peserta didik agar mampu belajar secara aktif, tidak hanya pasif mendengarkan ceramah dari guru saja. Penggunaan metode active learning diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peseta didik pada mata pelajaran al-Quran Hadis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah efektif atau tidak penggunaan metode active learning terhadap hasil belajar al-Quran Hadis di MA. Thoriqotul Ulum Pati. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan data penelitian diketahui penggunaan metode active learning tergolong baik dengan mean sebesar 82,9. Hasil belajar alQuran Hadis yang diperoleh dari nilai raport tergolong cukup baik dengan mean sebesar 85,3. Efektivitas metode active learning terhadap hasil belajar al-Quran Hadis dikatakan sangat rendah, hanya sebesar 1,69% dengan nilai rxy = 0,130. Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa r hitung < (0,130 < 0,361. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode active learning tidak efektif terhadap hasil belajar al-Quran Hadis di MA. Thoriqotul Ulum Pati. Kata Kunci : metode active learning, hasil belajar, al-Quran Hadis