Daftar Isi:
  • Skripsi ini mendeskripsikan tentang penerapan metode qawaid wa tarjamah dalam pembelajaran bahasa Arab disalah satu sekolah swasta yang ada di Mranggen yaitu MA Miftahul Ulum Ngemplak Mranggen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena sebagian peserta didik berasal dari santri kalangan pondok pesantren dan sebagiannya lagi berasal dari kalangan umum yang mana dari kalangan umum mengalami kebutaan dalam bahasa Arab. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek, yaitu: bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam mendidik peserta didik menggunakan metode qawaid wa tarjamah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode qawaid wa tarjamah, dan yang terakhir adalah bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qawaid wa tarjamah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu bersifat kualitatif-deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian semua data dianalisis. Perencanaan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qawaid wa tarjamah seorang guru mempersiapkan RPP, sedangkan pelaksanaan di dalam kelas melalui tiga tahapan, yaitu tahapan pembukaan, tahapan inti, dan tahapan penutup. Penilaian pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode qawaid wa tarjamah dengan cara tes tertulis dan tes lisan. Kata kunci: perencanaan metode qawaid wa tarjamah, pelaksanaan metode qawaid wa tarjamah, penilaian metode qawaid wa tarjamah