EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP AT THOHIRIYYAH PEDURUNGAN SEMARANG
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah adanya proses pembelajaran yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang mana ketiga proses ini masih ada kendala-kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan baik akan mampu membuat pencapaian kompetensi peserta didik menjadi baik juga, sehingga pembelajaran dapat dikatakan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP At Thohiriyyah Pedurungan Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan lokasi penelitian di SMP At Thohiriyyah Pedurungan Semarang dengan sampel penelitian kelas VII C. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP At Thohiriyyah sudah berjalan dengan baik, dapat dilihat dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang sudah baik. (2) Pencapaian kompetensi peserta didik, yang terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan hasil baik, hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian kompetensi peserta didik yang sudah di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), (3) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti efektif dalam pencapaian kompetensi peserta didik, hal ini dapat dilihat dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan kompetensi peserta didik yang sudah baik. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti