IMPLEMENTASI EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK KOGNITIF DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG
Daftar Isi:
- Dalam pelaksanaan evaluasi terdapat tiga tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan evaluasi. Ketiganya harus terlaksana dengan baik agar dapat membantu guru dalam menentukan langkah selanjutnya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun dalam prakteknya evaluasi belum sepenuhnya berjalan baik. Sebagaimana yang dikatakan oleh Sutrisno dalam bukunya yang bertajuk “Pendidikan Islam di Era Peradaban Modern”, yang mana disebutkan bahwa evaluasi pendidikan agama Islam pada aspek kognitif saat ini sering kali hanya unggul pada tingkatan awalnya saja, dan cenderung mengabaikan tingkatan-tingkatan selanjutnya pada aspek kognitif. Sebagaimana dalam teorinya Anderson dan Krathwohl bahwasannya aspek kognitif memiliki enam tingkatan, yaitu mengingat (remember), memahami (understand), mengaplikasikan (apply), menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan mencipta (create). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang. Dengan menggunakan metode penelitian field research dan jenis pendekatan kualitatif. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwasannya evaluasi aspek kognitif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Islam Sultan Agung 1 Semarang sudah berjalan dengan baik. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pengolahannya sudah berjalan sesuai dengan semestinya. Kata Kunci : Implementasi, Evaluasi Pendidikan Agama Islam Aspek Kognitif