Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Boarding School Sayung yang memilikicita-cita menghasilkan peserta didik yang religious dan mandiri.Permasalahan dalam penelitian ini adalah: ada beberapa peserta didik yang tingkat religiusitasnya rendah, ada beberapa peserta didik yang tingkat kemandiriannya rendah. Untuk mewujudkan peserta didik yang religius dan mandiri maka MA Al-Hikmah Boarding School merancang desain untuk mengembangkan religiusitas dan kemandirian peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan (field reseach).Studi lapangan ini dimaksudkan untuk mencermati Boarding School sebagai pusat pengembangan religiusitas dan kemandirian peserta didik di MA Al-Hikmah Boarding School, khususnya yang menyangkut aspek program, metode, danevaluasi yang diterapkan disana. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) program pengembangan religiusitas dan kemandirian peserta didik di MA Al-Hikmah Boarding School telah dirancang dan berjalan dengan baik dengan serangkaian mekanisme yang telah ditetapkan oleh pihak madrasah, 2) Metode pengembangan religiusitas dan kemadirian peserta didik di MA Al-Hikmah Boarding School telah berjalan dengan efektif, hal ini dapat diketahui melalui buku laporan atau presensi kehadiran, 3) Evaluasi pelaksanaan pengembangan religiusitas dan kemandirian peserta didik di MA Al-Hikmah Boarding School adalah dengan menggunakan non-tesberu papengamatan dari team guru Boarding School. Kata Kunci : Religiusitas, Kemandirian, MA Al-HikmahBoarding School