IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di MA Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang)
Daftar Isi:
- Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi strategi PAIKEM dalam bentuk pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa MA Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang, 2) Bagaimana implementasi strategi PAIKEM dalam bentuk pembelajaran inovatif dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa MA Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang 3).Bagaimana implementasi strategi PAIKEM dalam bentuk pembelajaran efektif dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa MA Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Implementasi strategi PAIKEM dalam bentuk pembelajaran aktif dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa MA Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang. pembelajaran aktif (active learning) di MA Darut Taqwa Semarang terlaksana dengan baik. 2). Implementasi strategi PAIKEM dalam bentuk pembelajaran inovatif dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa MA Darut Taqwa Bulusan Tembalang Semarang. inovasi metode pembelajaran Fikih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MA Darut Taqwa Semarang sejalan dengan dengan teori PAIKEM yang menjalankan proses pembelajaran secara aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan. 3). Implementasi strategi PAIKEM dalam bentuk pembelajaran efektif dalam meningkatkan prestasi belajar fikih pada siswa MA Darut Taqwa Bulusan tembalang Semarang. pembelajaran efektif dalam proses pembelajaran mampu mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik. Kata kunci : Aktif, Inovatif, Efektif, Pembelajaran Fikih, Prestasi Belajar