PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR DALAM RANAH AFEKTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 01 KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian berfokus pada pengaruh penggunaan ice breaking dalam pembelajaran terhadap konsentrasi belajar dalam ranah afektif siswa kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01. Pembelajaran di kelas IV SD Negeri Bangetayu Wetan 01 terdapat kegiatan ice breaking. Ice breaking yang digunakan antara lain yel-yel kelompok, yel-yel kelas, tepuk diam, tepuk tunggal-ganda, menyanyikan lagu anak gembala, dan gerak seperti burung terbang. Guru memberikan ice breaking di awal dan tengah pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh ice breaking dalam pembelajaran terhadap konsentrasi belajar dalam ranah afektif siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga teknik dalam pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh pada penggunaan ice breaking terhadap konsentrasi belajar dalam ranah afektif siswa. Setelah menggunakan ice breaking siswa kembali berkonsentrasi, bersemangat mengikuti pembelajaran, duduk dengan posisi tegak dan menghadap ke guru, kompak, serta dapat menyampaikan ide atau pendapat ketika berdiskusi dengan kelompok. Kata Kunci : Ice Breaking, Konsentrasi Belajar, Afektif