Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan berfokus pada kesulitan guru dalam penerapan penilaian autentik pada pembelajaran tematik integrative berdasarkan Kurikulum 2013. Banyaknya kesulitan dalam proses penilaian terjadi pada setiap guru sekolah Dasar terutama penilaian dalam Kurikulum 2013 yaitu penilaian autentik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan data yang valid mengenai pemahaman guru dalam penerapan penilaian autentik dan kesulitan penilaian autentik yang dihadapi oleh guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas I – VI SD Negeri Pegandan 01. Variable dalam penelitian ini yaitu terdiri dari variable terikat dan variable bebas. Variabel terikat dari penelitian ini yaitu pelaksanaan penilaian autentik. Variabel bebas dari penelitian ini yaitu instrument penilaian, metode penilaian dan Kurikulum 2013. Teknik analisis data meliputi wawancara dan analisis dokumen RPP. Kesulitan guru dalam penerapan penilaian autentik meliputi kurangnya pemahaman guru dalam penerapan penilaian autentik, kerancuan dalam membedakan jenis – jenis penilaian autentik, kesulitan dalam penyampaian kisi – kisi dan materi, Kesulitan dalam Penggunaan Instrumen Observasi dalam Penilaian Sikap, Keterbatasan Waktu dalam Proses Penilaian Sikap, kesulitan dalam penilaian produk, kesulitan dalam penilaian kinerja, kurangnya Sarana dan Prasarana dalam Proses Penilaian Keterampilan dan kurangnya sosialisasi dari pemerintah dalam pembuatan instrumen penilaian. Kata Kunci : Penilaian Autentik, Pembelajaran Tematik Integratif, Kurikulum 2013