THE EFFECTIVENESS OF DIARY WRITING TEMPLATE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL IN RECOUNT TEXT (Quasi Experimental Research of the Tenth Graders at SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year 2018/2019)
Daftar Isi:
- Tugas akhir ini adalah tentang penggunaan penulisan diary template untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah template penulisan diary efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount siswa kelas sepuluh di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Desain penelitian eksperimental digunakan dalam penelitian ini sebagai metode. Ada dua kelas sebagai sampel, satu sebagai kelas eksperimen dan yang lainnya sebagai kelas kontrol. Ada tiga kegiatan dalam penelitian ini: pre-test, perawatan, dan post-test. Baik kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki tiga pertemuan . Menulis buku harian digunakan dalam eksperimen sedangkan kelas kontrol menggunakan teknik konvensional. Instrumen itu adalah tes menulis yang mudah. Untuk kelas eksperimen, skor rata-rata pre-test dan post-test adalah 70,32 dan 81,44. Kemudian untuk kelas kontrol, skor rata-rata pre-test dan post-test adalah 68,10 dan 74,14. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Perbedaan signifikan dalam hasil post-test antara kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,000, itu kurang dari 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa penggunaan template penulisan buku harian efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount. Kata kunci : template penulisan diary, keterampilan menulis, teks recount