Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan Padlet sebagai media pembelajaran adalah efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan teknik quasi-eksperimental. Populasi untuk penelitian ini adalah kelas sepuluh siswa SMAN 2 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan dua kelas diambil sebagai sampel, yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelompok kontrol dan kelas X MIPA 9 sebagai kelompok perlakuan. Alat pengumpulan data berupa test menulis pada pre-test dan post-test. Sebelum perlakuan dilakukan, pre-test terlebih dahulu diberikan kepada dua kelompok tersebut. Tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan dasar dari kedua kelompok tersebut dan untuk memastikan bahwa kedua kelompok tersebut memiliki kemampuan yang sama. Post-test diberikan setelah perlakuan dilaksanakan. Ada perbedaan perlakuan untuk kedua kelompok tersebut, dimana kelompok perlakuan menggunakan Padlet sebagai media pembelajaran sedangkan kelompok kontrol tidak. Peneliti menggunakan program SPPS untuk Windows versi 16.0 dalam menghitung hasil T-test pada post-test. Perhitungan T-test menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Hal ini didukung oleh hasil post-test dimana nilai t-value (2.799) lebih tinggi dari nilai t-table (2.000) dan sig (2-tailed) 0.007 lebih rendah dari 0.05. Artinya, Ha dapat diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Padlet sebagai media pembelajaran adalah efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks recount. Keywords : Padlet, Media Pembelajaran, Keterampilan Menulis, Teks Recount