HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KEDISIPLINAN REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosi dengan kedisiplinan pada santriwati di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi adalah santriwati di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Asrama Darul Hijroh dengan sampel berjumlah 142 santriwati kelas X dan XI. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert yang terdiri dari tiga skala. Skala kedisiplinan terdiri dari 26 aitem dengan reliabilitas 0,782. Skala konformitas teman sebaya terdiri dari 13 aitem dengan reliabilitas 0,673. Skala kecerdasan emosi terdiri dari 27 aitem dengan reliabilitas 0,864. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor dengan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai R = 0,394 dan Fhitung = 12,739 dengan signifikansi 0,000 (p<0,01) yang artinya ada hubungan antara konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosi dengan kedisiplinan pada santriwati di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan dapat diprediksi oleh konformitas teman sebaya dan kecerdasan emosi. Hasil uji korelasi persial antara konformitas teman sebaya dan kedisiplinan dengan mengontrol kecerdasan emosi menunjukkan hasil adanya hubungan negatif yang signifikan antara konformitas teman sebaya dan kedisiplinan santriwati. Hasil uji korelasi parsial antara kecerdasan emosi dan kedisiplinan dengan mengontrol konformitas teman sebaya menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara kecerdasan emosi dengan kedisiplinan. Kata Kunci : Kedisiplinan, Konformitas Teman Sebaya, dan Kecerdasan Emosi