Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian ketangguhan dengan problem focused coping pada guru yang mengajar di sekolah luar biasa B dan C di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 81 responden guru sekolah luar biasa B dan C di kota Semarang dengan menggunakan quota sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala problem focused coping dan skala kepribadian kepribadian ketangguhan. Skala kepribadian kepribadian ketangguhan berjumlah 30 aitem dengan rentang daya beda 0,260-0,606 reliabilitas 0,876. Skala problem focused coping berjumlah 30 aitem dengan rentang daya beda 0,272-0,469 dengan koefisien reliabilitas 0,800. Teknik analisis data yang digunakan yaitu product moment dibantu program spss versi 16. Hasil analisis data diperoleh nilai korelasi rxy = 0,521 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara variabel kepribadian ketangguhan dengan problem focused coping Kata kunci : Kepribadian Kepribadian ketangguhan, Problem Focused Coping