PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNISSULA DALAM MEMBELI SMARTPHONE TERBARU DITINJAU DARI KONFORMITAS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Psikologi UNISSULA dalam membeli smartphone terbaru ditinjau dari konformitas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan dua skala, yaitu skala perilaku konsumtif berjumlah 30 aitem dan skala konformitas berjumlah 19 aitem. Uji daya beda skala perilaku konsumtif berkisar antara 0,252 - 0,576 dengan estimasi reabilitas sebesar 0,836. Uji daya beda skala konformitas berkisar antara 0,266 – 0,522 dengan estimasi reabilitas 0,762. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara perilaku konsumtif dengan konformitas pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNISSULA diperoleh hasil rxy = 0,276 dengan signifikan 0.000 (p<0.01), yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata kunci: Perilaku konsumtif dan Konformitas